Tugas SIM Praktikum - Isi lengkap sebuah PC


.

Bagian utama dari sebuah komputer untuk mengendalikan proses adalah CPU (Central Processing Unit). Di dalam CPU, semua proses berlangsung. Jika kita melihat isi CPU lebih dalam, kita dapat lihat banyak jenis perangkat yang disertakan di CPU tersebut pada bagian kanan kotak (casing) CPU.

Ada banyak perangkat di dalam sebuah CPU.
Beberapa diantaranya:
a. Motherboard
Ini adalah sebuah printed circuit board (PCB) dimana semua card (perangkat) atau module dipasang. Motherboard juga disebut dengan main board, baseboard, system board, atau planar board. Di perusahaan Apple computer sendiri, motherboard disebut juga logic board.


b. Processor
Processor adalah sebuah sistem hardware (terkadang software) untuk mengendalikan operasi data. Untuk pertama kalinya, prosesor hanyalah sebuah vacuum tube. Kemudian mengalami sebuah evolusi menjadi transistor, sampai mencapai bentuk prosesor yang kita lihat baru-baru ini.
Didalam CPU komputer, ada sebuah single chip (chip tunggal) yang disebut microprosesor. Bila seseorang mengacu kepada kecepatan dari sebuah komputer, dianjurkan dan dipertimbangkan dengan baik ukuran dari sebuah CPU adalah megahertz (MHz). Tetapi sekarang ini, kecepatan dari prosesor telah mencapai gigahertz (ghz). Ingat hukum moore tentang kecepatan dari komputer. Ada banyak perusahaan-perusahaan memproduksi prosesor. Terutama adalah intel. Dan ada juga amd dan ibm. Berikut adalah sebuah prosesor dilihat dari atas.


c. Memory (RAM) Untuk menangani perhitungan, khususnya untuk mengakses data yang paling sering diakses, komputer memerlukan sebuah memory. Dalam hal ini adalah RAM (Random Access Memory). Karakteristik RAM adalah volatile, artinya bahwa data yang tersedia di memory hanya tersedia sementara ketika komputer dihidupkan. Itulah mengapa kamu harus menyimpan pekerjaanmu sebelum komputer dimatikan.
Ini berbeda dengan ROM, yang mana berarti Read Only Memory (hanya membaca memory). ROM non-volatile, artinya bahwa data masih berada di dalam ROM walaupun tidak ada aliran listrik.

d. Sound card
Sound card juga diketahui sebagai audio card. Sound card dapat mengkonversikan sinyal audio dari mikrofon, audio tape, atau beberapa sumber lain ke sinyal digital, yang mana dapat menyimpan sebuah file audio di komputer. Sound card juga mengkonversikan file audio ke sinyal listrik, yang mana kamu dapat bermain melalui suatu alat pengeras suara atau headphone. Themicrophone dan alat pengeras suara atau headphone dihubungkan ke sound card.

e. VGA card
VGA yang berarti video graphic array. Ini adalah sebuah perangkat yang menangani sinyal untuk ditampilkan ke monitor.

f. Internal Modem
Modem berarti modulator dan demodulator. Fungsinya menghubungkan komputer ke internet. Modem akan mengirimkan sinyal digital dari komputer ke sinyal analog. Proses ini disebut modulasi. Ada proses kebalikan dalam komputer sebaliknya,yaitu penerima. Didalam komputer penerima ini, sinyal analog diterima dan kemudian diubah menjadi sinyal digital. Proses ini dikenal sebagai demodulasi. Itulah mengapa modem mengerjakan dua proses. Modem digolongkan kedalam dua jenis. Yaitu internal modem yang mana ditempatkan di dalam cpu, yang disebut internal modem.

g. Mouse
Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol. Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.

h. Keyboard
Papan Ketik Komputer merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol seperti huruf A, S, T, P, L dan lainnya untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 3, 4, 5, 8, 3, 3 dan lain-lain, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi, papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.

i. Webcam
Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata webkameravideo digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) port USBCOM. kadang-kadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Webcam atau web camera adalah sebuah ataupun port COM.


j. Monitor
Monitor adalah sebuah layar yang menampilkan informasi ataupun bentuk tampilan dari apa yang kita gunakan dalam sebuah layar pada sebuah PC.

k. Harddisk Harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar cakram keras saat ini mencapai 2 TB dengan ukuran standar 3,5 inci. Jika dibuka, terlihat mata cakram keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar. Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung. Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire. Karena sifatnya yang rapuh dan tidak tahan guncangan, cakram keras bisa dikategorikan sebagai barang pecah belah.

l. Power supply
Pencatu Daya (Inggris: power supply) adalah sebuah piranti elektronika yang berguna sebagai sumber daya untuk piranti lain, terutama daya listrik. Pada dasarnya pencatu daya bukanlah sebuah alat yang menghasilkan energi listrik saja, namun ada beberapa pencatu daya yang menghasilkan energi mekanik, dan energi yang lain.

Your Reply